Pengalaman Menginap di Reddoorz Near Plaza Atrium Senen

Perhatikan 4 Ceklist Bagian Wajib Saat Servis Motor Kesayangan



Agar motor tetap nyaman digunakan, pastinya kita perlu memperhatikan kondisi kesehatan motor yang kita miliki. Apalagi kalau motor ini biasa dipakai sebagai mobilitas harian, pastinya perlu dilakukan servis secara berkala.

Beberapa dari kita sering abai melakukan servis berkala ini, padahal servis rutin perlu dilakukan untuk melakukan perawatan pada mesin dan komponen-komponen lainnya agar motor selalu dalam kondisi sehat dan nyaman juga saat digunakan.

Untuk jadwal servis motor biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu, umumnya saat mencapai 4.000Km.  Bagian-bagian yang dicek antara lain, memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban, dan sebagainya. Untuk lebih detailnya, yuk simak komponen apa aja yang harus diservis pada motor.


Perhatikan 4 Ceklist Bagian Wajib Saat Servis Motor Kesayangan

Ganti Oli Sesuai Jadwal

Ganti Oli perlu dilakukan secara rutin sesuai jarak tempuh yang sudah tercapai, karena oli berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan melindungi mesin. Penggantian oli ini meliputi oli mesin dan juga oli gardan untuk pengguna motor matic. Fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2X ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan satu 1X ganti oli gardan. Biasanya, biaya yang pelu dibayar meliputi biaya pembelian oli, (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

Tapi beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000Km / 2X lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi wajar sih kalau retailer ini bisa mengklaim bisa 2X lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oli tertinggi di kelas oli.

Cek Kondisi Kampas Rem

Faktor penting yang perlu diperhatikan dalam keamanan dan keselamatan berkendara ialah kondisi kampas rem. Karena salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Saat kampas rem sudah tipis, rem bakal jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan saat berkendara. Jadi penting banget memastikan kondisi kampas rem dalam keadaan baik dengan melakukan servis motor secara rutin.


Perhatikan Aki atau Accu

Selanjutnya yang perlu diperhatikan pada kesehatan motor ialah aki atau accu. Tegangan pada aki umumnya berada pada 12,3 - 12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara saat kondisi mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Jadi, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik akan melakukan pemeriksaan detail dan menyeluruh. Kalau ditemukan kondisi aki yang sudah tidak layak, maka harus segera diganti agar motor tetap bisa menggunakan dengan nyaman.


Tune Up Motor Rutin

Servis motor tune up merupakan servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan, termasuk ganti oli motor matic. Pemeriksaan secara menyeluruh ini gunanya untuk mengecek kelayakan pada motor kita, biaya yang dikeluarkan untuk servis tune up ini sekitar Rp75.000,- aja, biaya ini tidak termasuk biaya penggantian saat ditemukan kerusakan pada komponen motor ya.

Servis tune up ini sifatnya paketan, meliputi:
  • pengecekan tekanan ban
  • pengecekan kondisi lampu, sein, dan klakson
  • membersihkan karburator (saringan udara)
  • pemeriksaan tegangan rantai
Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Tapi tenang aja, mekanik nantinya bakal menginformasikannya lebih dulu. Kalau kamu setuju baru mekanik akan melakukan perbaikan.


Planet ban

Pilih Bengkel Servis Motor Terbaik

Setelah mengetahui bagian mana aja yang penting untuk dilakukan servis rutin, sekarang saatnya kita menentukan bengkel servis motor mana yang bisa menghandle kebutuhan motor kamu. Karena untuk mendapatkan servis yang bagus, kamu harus mencari bengkel servis motor yang bagus juga kan tentunya. Nah bengkel yang bisa diandalkan untuk semuanya ialah Planet Ban, di bengkel ini kamu juga bisa mendapatkan servis motor rasa mesin baru. 

Apa itu servis mesin rasa baru? Servis mesin rasa baru juga dikenal dengan sistem servis terpadu, tujuan melakukan jenis servis motor ini untuk mengupgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya yang lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek, dan distel rutin.


Beda Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat Lain, yang Perlu Kamu Tahu!

Jika kamu servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika kamu melakukan servis motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semua bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Servis motor di planet ban bikin motor kamu seperti punya mesin seperti baru, hasilnya tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total. 

Harga servis motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula. Untuk servis motor injeksi cuma Rp20.000,- servis CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan servis throttle body juga cuma Rp20.000,-

Manfaat melakukan Servis di Planet Ban
  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis mesin jadi lebih awet (jarang rusak).
  • Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian jadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.
  • Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000 Km saja (antara 4-6 bulan saja) sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis juga jadi lebih hemat.
  • Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Jadi sekarang kamu sudah paham kan manfaat rutin servis motor rutin dan bagian mana aja yang perlu diservis. Mulailah mencatat tanggal terakhir servis motor untuk memudahkan mengetahui jadwal servis berikutnya, biar motormu nyaman dikendarai.

Komentar

  1. Emang sih kalau diservis lengkap di Planet Ban, rasa motor jadi lebih baru. Tarikan jadi enteng

    BalasHapus
  2. Servis di Planet Ban emang lengkap banget, apalagi sekarang sudah ada tune up menyeluruh yang bikin mesin serasa motor baru

    BalasHapus
  3. Ah iya, memang kondisi motor itu harus diservis secara rutin. Ganti kampas rem juga penting ya, buat keselamatan. Servis langganan saya ke Planet Ban soalnya udah cocok dengan pelayanannya.

    BalasHapus
  4. Kalau rajin servis, pasti enggak berasa deh sebagai motor lama ya

    BalasHapus
  5. Planet ban adalah salah satu bengkel yang paling gampang ditemui. Bahkan bisa dipanggil ketika motor mogok haha.. karena itu pernah baget kejadian pas aku perjalanan ke sunter dr bekasi

    BalasHapus
  6. Ngerasain banget klo motor jarang di servis efeknya bener2 bisa membahayakan.. Jadi emang wajib banget servis.. Alhamdulillah klo ada tempat servis yang bikin motor rasa baru lagi dengan harga terjangkau

    BalasHapus
  7. Seringkali terlupa untuk Servis kendaraan. Mungkin karena digunakan setiap hari, jadi antara hapal sama bawaan motor juga karena terlalu nyaman, hehhe.. Padahal dengan Servis rutin di Planet Ban, maka kondisi motor jauh lebih terawat dan aman saat digunakan.

    BalasHapus
  8. Service motor secara rutin emang penting banget sih, tidak boleh disepelekan, supaya kendaraan tidak bermasalah saat digunakan. Dan motor yang rajin diservis pasti tarikannya beda, terasa naik motor baru terus ya.

    BalasHapus
  9. setuju banget, di Planet Ban kita akan mendapat hasil motor lama jadi punya rasa baru
    Karena sistemnya sangat bagus, bisa menggapai hingga seluruh komponen

    BalasHapus
  10. Andai bengkel ini dekat rumah ya, kayaknya aku pilih servis di sana aja. Butuh banget bengkel yang detail memeriksa dan nggak bohong. Kalau di bengkel besar kadang kerusakan cuma A, eh jadi merembet sampe Z sebab teknisinya dapat upah tiap komponen perbaikan.

    BalasHapus
  11. Rutin melakukan perawatan dan servis motor itu penting banget tentu akan berpengaruh pada kenyamanan kendaraan saat digunakan selain itu komponen-komponennya setidaknya punya durasi penggunaan lebih lama

    BalasHapus
  12. Memang harus untuk urusan kendaraan gini dilakukan servis rutin. Maka perlu dipahami bagian mana aja, biar memudahkan juga tatkala ada gangguan dah langsung paham

    BalasHapus
  13. Wah perlu dicoba nih servis rutin di Planet Ban, gak tau bisa servis juga, kirain urusan ban saja. Pengen semua dicek biar makin kenceng tarikannya

    BalasHapus
  14. Baca artikel ini jadi ingat klo motor belum di servis. Thanks ya kak infonya pengen juga nih mesin awet selalu dan rasa motor baru terussss

    BalasHapus

Posting Komentar